Minggu, 22 Maret 2015

Inilah Perbedaan Handphone, Smartphone, dan Tablet

Pada dasarnya Handphone, Smartphone, dan Tablet adalah barang Telekomunikasi elektronik yang bersifat portable/mobile sehingga mudah di bawa ke mana saja tanpa harus disambungkan dengan jaringan telpon. Terus apa perbedaan diantara 3 barang elektronik tersebut? 

Saya akan menjelaskan secara rinci dimana perbedaan dan persamaan antara Handphone, Smartphone dan Tablet sebagai berikut.

1. Handphone 

Barang elektronik yang biasa sering di singkat dengan HP ini adalah telpon genggam tanpa kabel (wireless) dan bersifat mobile yang artinya bisa di bawa ke mana-mana. Ponsel ini menggunakan jaringan GSM dan CDMA. Awalnya Handphone hanya bisa melakukan panggilan telpon, SMS, dan MMS saja. dengan semakin berkembangnya zaman, ponsel ini juga bisa menerima sinyal radio, memutar MP3, Video, Kamera bahkan sudah memiliki GPRS dan infrared untuk mengirim data. 

2. Smartphone

sedangkan smartphone tidak jauh beda dengan fungsi dari handpone hanya saja mempunyai tambahan aplikasi dan fitur yang lebih canggih seperti WI-FI, Bluetooth, Camera, GPS, menyediakan browser untuk membuka internet, dan masih banyak lainya. Ponsel ini juga biasa di sebut dengan komputer miniatur yang ukuran nya 3-5 inci dan sudah bisa menjalankan aplikasi yang sama halnya dengan komputer. Beberapa smartphone menggunakan Keypad Virtual (layar sentuh) dan menggunakan QWERTY fisik seperti Keyboard Laptop. Smartphone yang sedang berkembang saat ini seperti Android, Windows Phone, Symbian, IOS, dan Blackberry.

Smartphone yang mendominasi besar pada saat ini adalah 1. Android dimana OS ini bersipat Open Source yang kebanyakan di gunakan oleh produsen Gadget seperti HTC, Samsung, Sony dan masih banyak Perusahaan Smarphone ternama. 2. IOS dimana hanya di kembangkan oleh perusahaan Aple saja. 3. windows Phone dimana gadget ini platform dari microsoft yang sudah mulai tampil muka dengan gaya berbeda. 4.Blackberry (BB) dimana Smartphone yang sudah lama eksis dan masih banyak penggemar sampai sekarang.

3. Tablet

Tablet juga sebuah gadget hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan dengan Smartphone pada biasanya, ia juga memiliki fitur-fitur yang sama canggih seperti adanya Wi-FI, Bluetoot, browser, dll. Ukuran gadget ini biasanya berkisar 7-10 Inci, hanya menggunakan virtual Keypad touch screen (layar sentuh). Pada awal peluncuran Gadget ini hanya untuk kepentingan tertentu seperti meneriama E-mail, membuka E-book, Game, mendengarkan musik, akan tetapi tidak bisa di pergunakan untuk Telpon dan SMS. Dan seiring perkembangan zaman, sekarang Tablet sudah bisa digunakan memanggil / meneria telpon dan SMS. Gadget ini juga menambahkan fitur Camera depan dan belakang (Dual Camera) yang bisa di gunakan untuk call Video dan keperluan media lainnya. 


     Kesimpulan:
  • Dimana Handphone, Smartphone, dan Tablet merupakan sebuah alat elektronik bersifat Mobile atau Portable yang hanya di Update/upgrate dari generasi ke generasi sesuai perkembangan zaman dan memenuhi keperluan manusia menjadi lebih mudah.
  • Smarphone dan Tablet memiliki fitur yang lebih modern dan canggih, dan Handphone tidak memilikinya.
  • Aplikasi Smartphone dan Tablet dapat di perbaharui (Update), Handphone tidak


5 komentar:

  1. yang sampai sekarang belum keturutan beli tablet

    BalasHapus
  2. Wah,informasinya sangat membantu saya gan.....selama ini ane cukup bingung membedakan itu.........sekarang agak terbuka dikit wawasannya.....

    BalasHapus
  3. Thank ya mas untuk penjelasan perbedaan antara tablet dan android, sekarang aku sudah paham..

    BalasHapus
  4. kalo aku punyanya tablet yang ada kartunya.. tapi gak punya smartphone..
    kemana'' bawanya tablet segede itu (10inci) jadi dikira pamer..
    la wong punyanya itu..,mau gimana lagi

    BalasHapus
  5. wah... makasih nih gan, udah share ilmunya .. sukses terus ya bro
    solder uap

    BalasHapus